Wisata Air Selorejo

NYEBRANG WADUK DAN MEMETIK JAMBU

Siapa yang belum mengenal taman wisata waduk selorejo di kecamatan ngantang, kabupaten malang? Kini bukan hanya wisata air yang ditawarkan pengelola selorejo.Banyak program wisata lainnya yang bisa dinikmati pengunjung waduk yang dikelola jasa tirta itu.Begitu memasuki kawasan wisata yang mempunyai luas total sekitar 650hektare tersebut, mata langsung dimanjakan oleh view yang menawan. Semakin nyaman karena pengunjung waduk yang dibangun pada 1962 tersebut juga meraskan kesejukan alami. Kesejukan hawa pegunungan. Maklum, kawasan wisata itu berada sekitar 1500 meter diatas permukaan laut (dpl). Menikmati indah dan kesejukan selorejo, pengujung mengeluarkan uang Rp 7500 untuk ticket masuk.Bagi yang punya hobi memancing, selorejo adalah salah satu surga para pemancing. Waduk tersebut tak pernah sepi ikan. Terutama jenis nila tombro, mujaer, wader, tawes, dan udang. Tak pernah habisnya stok ikan di selorejo karena setiap tahunnya jasa tirta rutin menyebar sekitar 400ribu sampai 500 ribu bibit ikan.

Ingin lebih jauh menikmati keindahan selorejo, pengunjung bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahudayung atau perahu mesin. Bila menggunakan perahu dayung, biayanya sekitar 10 ribu hingga 30 ribu. Tergantung berapa jauh jarak yang dirambah. Sedangakan. Sedangkan bila menggunakan perahu motor, biaya yang diperlukan sekitar Rp50 ribu sampai Rp 100 ribu.Tak ada salahnya bila sudah menaiki perahu, sebaiknya mengunjungi pulau jambu. Pulau ini berada ditengah-te4ngah waduk. Saat memasuki kawasan pulau jambu. Pulau seluas 7,5 hektare tersebut, terlihat hamparan pohon jambu. Sekitar 7 ribu pohon sepuluh persennya merupakan pohon jambu merah yang dipercaya mampu menaikkan trombosit darah. Untuk menuju pulau jambu dari dermaga dengan menggunakan perahu dayung, dibutuhkan sekitar 20 menit. Di pulau buatan tersebut, pengunjung dipersilahkan menikmati buah jambu sepuasnya di tempat hanya membayar Rp 1.000 untuk ticket masuk. Bila pengunjung ingin membawa keluar jambu, 3 buah dihargai Rp 1.000. Bagi pengunjung yang hobi makan buah durian, tidak sulit mencari tempat mencari tempat penjual durian. Asalkan pintar menawar, durian murah bisa disantap atau dibuat oleh-oleh.Pengunjung yang masih ingin berlama-lama menikmati indahnya wisata alam selorejo jangan khawatir tak kebagian tempat.

Bagi yangsuka berpetualang, pengelola sudah menyediakan kawasan untuk camping sekitar 8 hektare. Bahkan, ada area untuk hiking gunung seberang waduk.dikawasan ini, tersedia banyak penginapan. Pengelola selorejo membangun cottage dan wiasma dengan jumlah kamar sekitar 101 buah. Untuk cottage, fasilitasnya hampir menyamai hotel bintang tiga. Guna meningkatkan layanannya, swebelum pertengahan semester ini, pengelola mengebut pembangunan hotel 14 kamar dan membangun ruang pertemuan yang baru.Selain mengandalkan view, selorejo juga mempunyai andalan jenis wisata lainnya, yakni outbond. Wisata banyak dimanfaatkan instansi pemerintah atau swasta dari surabaya yang mengadakan outbond di selorejo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: